.

SEMAPHORE



A. Sejarah
Pada masa lalu, sebelum ditemukan dan dikembangkan telegraph dan komunikasi radio, bendera digunakan sebagai tanda (signal). Namun seiring berkembangnya teknologi komunikasi, maka bendera hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Seperti untuk kecakapan dalam gerakan pramuka.

Adapun Semaphore adalah cara mengirimkan berita dengan mempergunakan sepasang bendera. Bendera yang digunakan biasanya berukuran 45 x 45 cm, dan warnanya harus kontras atau mencolok, hal ini bertujuan agar bendera dapat mudah dilihat dari jarak yang cukup jauh. Warna bendera semaphore adalah merah dan kuning, biasanya bendera terbuat dari kain. Bagian atas berwarna merah, dan bagian bawahnya berwarna kuning. Panjang tongkat bendera yang digunakan berkisar antara 50-55 cm.


Abjad dan angka semaphore terdiri dari beberapa sikap tangan kiri serta tangan kanan. Bendera harus dipegang sedemikian rupa, sehingga tongkatnya seperti sambungan tangan kita. Semua pergerakan menggunakan bahu, sehingga kedua tangan tetap lurus.


B. Alfabet Semaphore
berikut adalah alfaber dari semaphore :

C. Cara Mengirim Berita
a) Kirim tanda perhatian berulang kali U/R
b) Jika penerima sudah siap kirimkan huruf K
c) Jika berita diterima dengan baik maka kirimkanlah huruf C
d) Jika berita terakhir minta diulangi, kirim huruf atau kata IMI
e) Jika salah mengirim berita, kirimkan kode E 8x
f) Berita selesai AR
g) Tunggu, karna belum siap Q
h) Geser ke kanan M.K
i) Geser ke kiri M.L


D. Cara Cepat Menghafal Semaphore

0 komentar:

Posting Komentar

 

Entri Populer

Pramuka_ARMATUGA © 2011 Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez